Sunday, July 28, 2013

Menampilkan Background Game Windows Phone Pada Visual Studio 2012


Saat pertama kali membuat game untuk windows phone disarankan untuk membuatnya pada Visual studio 2012 dan menambahkan extention XNA Game studio 4.0 pada Visual studio 2012. bg2

bg1
maka secara defaut akan ada class game1.cs yakni kelas utama yang memodelkan game yang akan kita buat.
bg3
tampilan di atas adalah tampilan kelas Game1.cs kemudian kita atur GAME_WIDTH dan GAME_HEIGHT sesuai dengan ukuran standard Windows Phone yaitu : GAME_WIDTH = 400; dan GAME_HEIGHT = 800;
Tambahkan atribut dan properti berikut dalam kelas Game1:
1. BG_POS     : atribut konstanta posisi background digambar
2. SpriteBatch : getter atribut spriteBatch
3. BgTexture   : data tekstur 2D yang akan dijadikan background game
BG4
Tekstur 2D merupakan representasi file gambar (.jpg, .png) yang berupa kumpulan
(array) data warna
Pada fungsi LoadContent(), kita lakukan langkah berikut :
1. Inisialisasi spriteBatch yang digunakan untuk menggambar tekstur
2. Load tekstur background
3. Inisialisasi bujur sangkar tempat data tekstur 2D background akan digambar

bg5
Sprite Batch merupakan kelas pada XNA yang memungkinkan sejumlah gambar 2D
digambar dengan menggunakan pengaturan kartu grafis yang sama.
Terakhir, kita menggambar data tekstur background pada fungsi Draw() dengan menggunakan spriteBatch. dimana, fungsi spriteBatch.Begin() dan spriteBatch.End() harus dipanggil terlebih dahulu.
bg6 untuk melihatnya hasilnya tekan F5.
BG7
sekian_ semoga bermanfaat





No comments:

Post a Comment

Apakah Skill adalah penentu keberhasilan mendapatkan pekerjaan?

Rasanya kemapuan atau skill hebat bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan, masih ada faktor hoki dan oran...