Saat pertama kali membuat game untuk windows phone disarankan untuk membuatnya pada Visual studio 2012 dan menambahkan extention XNA Game studio 4.0 pada Visual studio 2012.
maka secara defaut akan ada class game1.cs yakni kelas utama yang memodelkan game yang akan kita buat.
tampilan di atas adalah tampilan kelas Game1.cs kemudian kita atur GAME_WIDTH dan GAME_HEIGHT sesuai dengan ukuran standard Windows Phone yaitu : GAME_WIDTH = 400; dan GAME_HEIGHT = 800;
Tambahkan atribut dan properti berikut dalam kelas Game1:Tekstur 2D merupakan representasi file gambar (.jpg, .png) yang berupa kumpulan
1. BG_POS : atribut konstanta posisi background digambar
2. SpriteBatch : getter atribut spriteBatch
3. BgTexture : data tekstur 2D yang akan dijadikan background game
(array) data warna
Pada fungsi LoadContent(), kita lakukan langkah berikut :
1. Inisialisasi spriteBatch yang digunakan untuk menggambar tekstur
2. Load tekstur background
3. Inisialisasi bujur sangkar tempat data tekstur 2D background akan digambar
Sprite Batch merupakan kelas pada XNA yang memungkinkan sejumlah gambar 2D
digambar dengan menggunakan pengaturan kartu grafis yang sama.
Terakhir, kita menggambar data tekstur background pada fungsi Draw() dengan menggunakan spriteBatch. dimana, fungsi spriteBatch.Begin() dan spriteBatch.End() harus dipanggil terlebih dahulu.
untuk melihatnya hasilnya tekan F5.
sekian_ semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment