Monday, July 11, 2011

Get Something the best

Tulisan ini special dikemas untuk adik-adik yang baru lulus SMA secara umum dan adik-adik yang merasa belum beruntung untuk masuk PTN (Perguruan Tingggi Negeri).
Bagi adik-adik yang tahun ini belum beruntung untuk bisa masuk ke PTN yang telah lama di idamkan jangan berkecil hati.karena itu bukanlah sesuatu kegagalan yang berarti dalam sebuah kehidupan yang akan dijalankan kelak.memang secara garis besar setiap sekolah menengah atas menggiring muridnya untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.hal tersebut sama sekali tidak salah.justru
hal demikian sangat baik untuk kemajuan diri muridnya di samping itu pun semakin banyak peserta didik sekolah tersebut yang di terima di perguruan tinggi negeri maka semakin tinggi pula nama sekolah tersebut dan akan menjadi populer karena merasa telah berhasil untuk menggiring peserta didiknya ke perguruan tinggi negeri.
Hanya ada 2 (dua) pilihan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SMA yaitu perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta.
perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di indonesia kini hampir sama dari segi biaya.tentunya paradigma semua orang tua lebih condong ke perguruan tinggi negeri karena memang lebih terjangkau. namun jangan pula memandang sebelah mata kepada perguruan tinggi swasta yang ada.perguruan tinggi swasta akan beroperasi jika ada surat izin dari dinas pendidikan.perguruan tinggi swasta yang "ecek-ecek" tidak akan beroprasi tanpa izin tersebut.perguruan tinggi swasta tidak semata mahal dan kualitas lulusannya di bawah rata-rata.
itu semua bergantung dari mahasiswanya.yang namanya lembaga pendidikan pasti tujuan utamanya adalah mendidik maka lahirlah sebuah sistem bagaimana cara mendidik dengan baik.
penulis saat ini pun kuliah di perguruan tinggi swasta di kota Bogor.memang awalnya agak minder dengan teman2 SMA dulu yang sekarang kuliah di Perguruan tinggi negeri terkemuka seperti UI,UGM,ITB,UNPAD,UNBRAW dll.
pada awalnya penulis sangat minder melihat teman2 yang berhasil mendapatkan perguruan tinggi negeri yang sudah mereka idamkan sejak dulu.saya pun dulu punya ke inginan untuk masuk perguruan tinggi negeri, waktu itu saya sangat mengidamkan bisa kuliah di UI atau UNPAD.
waktu itu tepatnya tahun 2009 sewaktu saya masih duduk dibangku kelas XII IPA saya mencari2 informasi kampus yang saya idamkan sampai saya ikut sebuah pertemuan mahasiswa PTN terkemuka di Indonesia atau yang sering kita dengar UDO (University Day Out)
setelah mengikuti UDO saya sangat termotivasi untuk bisa seperti mereka memakai almamater kuning.
kemudian pada tahun itu saya ikut UMB (ujian masuk bersama)
tetap pad pilihan awal UI.Pengumuman satu bulan kemudian ternyata saya gagal.jalur yang terakhir saya ambil pada wakti itu SNMPTN, pada waktu itu saya memilih UNPAD dan UPI .hasilnya pun belum diterima.hehehe.
Ya sudahlah memang bukan jalannya untuk kuliah disana.berbeda dengan teman2 saya yang tembus perguruan tinggi negeri dengan berbagai jalur masuk.
pada waktu itu saya memutuskan untuk bekerja dulu.karna mungkin kalau kuliah juga tidak 100% ada sokongan biaya.hehehe.walaupun banyak orang bilang "kalau biaya mah pasti ada aja jalannya".
saya mengamini kata-kata tersebut akan tetapi kesempatan untuk kuliah tahun itu sudah tertutup.dan akhirnya saya di terima bekerja di sebuah hotel bintang 3 di kota Cilegon sebagai bellboy outsourcing.pada saat reunian dengan teman2 SMA saya agak malu sewaktu di tanya "kuliah dimana?" saya jawab "saya nggak
kuliah".hehe
Setahun kemudian saya mencoba ikut tes lagi waktu itu tepatnya tahun 2010 saya mengikuti SIMAK-UI dan SNMPTN dari hasil kerja saya. Hasilnya pun nihil.hehehe.
ya sudahlah memang itu bukan jalan saya, mungkin di balik itu semua sudah di rencanakan oleh Sang pencipta jalan kehidupan saya bukan lewat PTN.saya sudah berusaha semaksimal mungkin dan tetap yang Kuasa lah yang menentukan.Kini saya kuliah di PTS di Kota Bogor dan inilah jalan terbaik yang di berikan Sang pencipta setelah vakum satu tahun ajaran perkuliahan.
jadi bagi adik-adik yang mungkin sama nasibnya dengan saya jangan sekali-kali berkecil hati.tetap semangat lakukan yang terbaik.pikirkan dengan matang dan selalu sharing dengan orangtua dalam hal ini orang tua bisa siapa saja dalam keluarga besar kita.
tetap semangat jalan menjadi seorang sarjana masih terbuka lebar.
you must get something the best for you.

                                                                                                                                   
                                                                                                                                           -Irfan Riady_

No comments:

Post a Comment

Apakah Skill adalah penentu keberhasilan mendapatkan pekerjaan?

Rasanya kemapuan atau skill hebat bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan, masih ada faktor hoki dan oran...