Sunday, January 15, 2012

Dampak peralihan premium ke pertamax

judul ini memang sangat menarik untuk di perbincangkan dan sangat menarik sekali untuk di selesaikan.polemik demi polemik yang terjadi akibat penggagasa pemerintah untuk beralih ke pertamax (bagi orang yang tingkat ekonomi menengah ke atas). pada awal pemerintahan SBY adalah melakikan kebijakan subsidi bbm (bahan bakar minyak). bbm bersubsidi berarti bbm untuk masyarakat yang kurang mampu tetapi pada kenyataannya di lapangan, semua kalangan menikmati bbm bersubsidi ini dalam kasus ini pantaskah orang di tingkat ekonominya menengah ke atas menikmati bbm bersubsidi?
tentu terlihat tidak etis bukan.nah kenapa baru akhir2 ini pemerintah menyadari akan hal demikian sehingga menyerukan kepada kalangan ekonomi menengah ke atas untuk beralih menggunakan pertamax?.
kalau menurut pendapat saya hal demikian agak sulit untuk di wujudkan karena mereka sudah merasa nyaman dan merasa di untungkan dengan menggunakan premium yang harganya lebih murah dibandingkan dengan pertamax yang harganya hampir 2 kali lipat dari harga premium.coba saja kita analogikan kalau upaya pemerintah untuk mewajibkan plat mobil berwarnahitam memakai pertamax  akan benar-benar di terapkan.kemungkinan yang akan terjadi adalah sebagai berikut :
 katakanlah semua kendaraan roda empat berplat hitam memakai pertamax, pada kenyataannya tidak semua orang yang memiliki kendaraan roda empat yang berplat hitam adalah orang kaya.oleh sebab itu pasti mereka akan tetap memakai premium.oke katakanlah dia tidak bisa membeli premium lagi di pom bensin.maka apa yang akan terjadi?. akan muncul pekerjaan baru untuk jasa ojek menjual premium kepada orang2 yang masih ingin menggunakan premium ketimbang pertamax yang harganya hampir dua kali lipat.kalau kejadian ini terjadi upaya apa yang akan pemerintah lakukan?. mungkin akan ada oknum tertentu yang malah mengoplos premium yang dibelinya dan kemudian akan menjual premium oplosan kpada orang yang berkendara roda dua berpat hitam.agak riskan sekali.
di lain sisi petronas dan shell akan merasa beruntung sekali ada di indonesia kalau upaya pemerintah mengalihkan penggunaan pertamax untuk orang menengah ke atas.petronas atau shell akan mulai menjadi pesaing karena mereka tidak mengenal premium atau pertamax.jadi bagaimanakah yang seharusnya di lakukan?
hal ini adalah pr bagi kita semua untuk turut berpartisipasi menyampaikan aspirasi kepada pemerintah bagaimana baiknya. semoga pemerintah menerapkan kebijakan yang sebijak bijaknyasehingga tidak ada seorangpun yang merasa di rugikan..
Ir. Fun_
:)

No comments:

Post a Comment

Apakah Skill adalah penentu keberhasilan mendapatkan pekerjaan?

Rasanya kemapuan atau skill hebat bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan, masih ada faktor hoki dan oran...