Friday, January 13, 2012

Perilaku mahasiswa

Mahasiswa..seseorang yang sudah menyandang status sebagai mahasiswa pasti memiliki suatu pemikiran yang lebih dibandingkan dengan siswa smp maupun sma.pada awal menjadi mahasiswa memang agak kaget dengan rutinitas yang mungkin cukup berbeda dan jauh berbeda saat duduk di bangku sma, tetapi itulah kenyataannya.dari segi bangunan kampus yang cukup besar dibandingkan sma dulu dan teman-teman dari bermacam-macam daerah yang memiliki sikap bergaul yang berbeda-beda pula.Berikut merupakan fakta yang terjadi dalam kehidupan kampus (*tidak semua kampus seperti ini) :

1.  nongkrong menunggu dosen dengan di temani sepuntung rokok dan secangkir kopi.
2.  titip absen 
3.  menggerutu karena cara dosen mengajar monoton
4.  tidur di kelas
5.  online via mobile phone di kelas
6.  menunda-nunda tugas dari dosen
7. cuci mata
ketujuh hal diatas merupakan kehidupan kampus khususnya para cowok..hehe. tidak bisa di pungkiri lagi demikianlah adanya walaupun tidak semua mahasiswa berprilaku demikian.bagaimanakah hal yang seharusnya di lakukan dalam kehidupan di kampus agar menjadi lebih baik, dalam kata lain lebih baik dari segi kualitas seorang mahasiswa tersebut dikala sudah menjadi seorang sarjana.mungkin ini adalah pr untuk dikti untuk melakukan sosialisasi terus menerus kepada segenap mahasiswa di Indonesia ini supaya tidak banyak lagi sarjana-sarjana yang hanya menyandang gelar sarjana saja. mahasiswa adalah generasi penerus bangsa, jika kehidupan mahasiswa yang terlalu bebas tidak di filter secara sedemikian rupa maka apa yang akan terjadi 5 atau 10 tahun mendatang?
kampus hanya menyediakan wadah untuk segenap mahasiswanya menimba ilmu, lain halnya saat duduk di bangku sma dulu yang dimana setiap guru/wali kelas bisa memantau perkembangan muridnya,bagaimana halnya mahasiswa?
agak sulit memang untuk mengatasi sikap seperti ini tetapi hal demikian bisa di minimalisir dengan sosialisasi dan dukungan-dukungan moral serta motivasi-motivasi yang diberikan oleh pihak intern kampus atau ekstern kampus kepada mahasiswanya,.betapa pentingnya masa depan itu. seperti apa masa depan itu tidak ada seorangpun yang dapat mengetahuinya karena itu adalah sudah menjadi rahasia Yang Maha Kuasa.hal apa yang hari ini dilakukan adalah akan berdampak pada 5 atau 10 tahun kedepan.apabila kebaikan yang di tanam maka akan berbuah kebaikan pula.
hidup mahasiswa!

No comments:

Post a Comment

Apakah Skill adalah penentu keberhasilan mendapatkan pekerjaan?

Rasanya kemapuan atau skill hebat bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan, masih ada faktor hoki dan oran...