Thursday, September 29, 2011

Interaksi Manusia dan Komputer (part 1)



29 September 2011
Dosen : Gibtha Fitri Laxmi, S.Kom

Task-Centered System Design

How to develop task examples
How to evaluate designs via task-centered walkthroughs
Exercise: The Cheap Shop interface




Ex :
Cheap Shop:

In Cheap Shop, people shop by browsing paper catalogs scattered around the store.

When people see an item they want, they enter its item code from the catalog onto a form.

People give this form to a clerk, who brings the item(s) from the back room to the front counter.

contoh kasus di atas adalah contoh toko murah dimana dalam toko murah ini menjual perlengkapan dengan harga yang terjangkau.
setelah melihat katalog dari cheap tersebut maka calon pembeli langsung bisa memesan dengan menuliskan amount apa yg ingin di beli.


People then pay for the items they want.
A. Seat-of-your-pants interface design

Is this a good or bad interface?
do you go by gut feel?
do you go by how it looks?
do you judge it by familiarity to other interfaces?
if there are problems, are they minor or serious?
did you miss anything that you really shouldn’t have?
is your opinion correct?
how can you tell?

dalam mendesain interface baik/buruknya interface sebagai berikut :
1. bagaimana terlihatnya
2. ternyata dari sudut pandang user program yg di desain terlihat familiar..ex :
program mirip facebook
3. masalah kecil/besar
4. Opini benar/tidak
5. apa yang dapat disampaikan.



Alternative: are there methods where you can
systematically determine if this interface matches the needs of its end users?
systematically discover the usability bugs?

alternatif : tekankan pada metode yang anda kuasai

B. Requirements analysis (syarat analisa)
Software Perspective (pandangan perangkat lunak)

dari kacamata pengguna(user) kalangan umum software ini harus memiliki tampilan yang menarik dan berfungsi dengan baik.
dapat dikatakan pula tidak sulit untuk di gunakan.
biasanya para saintis tidak terlalu mempermasalahkan tampilaan software tersebut melainkan menekankan kepada fungsi dari software itu sendiri.

sisi penguna software :
ketika mereka menggynakan suatu software maka harapan mereka hanyalah permasalahan yang mereka miliki cepat selesai
contoh ketika perpustakaan di sebuah sekolah yang sistemnya masih manual sehingga kualahan pada saat audit.maka harapan mereka yang menggunakan software yg baru mereka hadapi ialah agar cepat selesai.


Fase requirements Analysis
Phases:
1. Identification
identify specific users and articulate their concrete tasks
2. Requirements
decide which of these tasks and users the design will support
3. Design
base design representation & dialog sequences on these tasks
4. Walkthrough Evaluations
using your design, walk through these tasks to test the interface

1. Identifikasi
2. syarat/keperluan
3. Desain
4. evaluasi yang kontinyu

identifikasi dapat dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan,
contoh pertanian cabai
apa yang diperlukan petani cabai
atau terjun langsung ke warung klontong yg belum memiliki system
pelajari task yg sebenarnya
masalahnya apa?
butuhnya apa?
setelah terjun kelapangan bagaimana cara mengidentifikasinya?
yaitu dengan cara :
a. masuk ke lingkunga orang yg bersangkutan.contoh pertanian cabai
b. observasi masalah
teliti -------> interview (wawancara)
pekerjaannya seperti apa.jadi kita dapat membayangkan kebutuhan sistem apa yg cocok digunakan.
c. kegiatan sahari2 seperti apa
d. pelayanan (permintaan user)

Walk-through Evaluation :
Process
1 Select one of the task scenarios
2 For each user’s step/action in the task:
can you build a believable story that motivates the user’s actions?
can you rely on user’s expected knowledge and training about system?
if you cannot:
you’ve located a problem in the interface!
note the problem, including any comments
assume it has been repaired
go to the next step in the task

proses pengevaluasian dari permasalahan
tekankan kepada calon pengguna software point yang menjadi titik konsentrasi softwaare yang akan di buat..
no asumsi..
jelaskan dan tekankan point utamanya...


Tugas untuk minggu depan membuat kasus yang akan di terapkan dalam pembuatan system yg berhubungan dengan Interaksi Manusia dan komputer
bisa dikatakan tugas minggu depan itu cicilan pertama untuk big project pengganti uas..
kalau uts akan tetap dilaksanakan secara tulis.

Jadi minggu depan tugasnya membuat requirement analys
studi kasusnya saja:
- sistem yg ingin di buat apa
- sistemnya untuk apa
- sistemnya akan berfungsi baik atau tidak

semoga bermanfaat ya...:)

No comments:

Post a Comment

Apakah Skill adalah penentu keberhasilan mendapatkan pekerjaan?

Rasanya kemapuan atau skill hebat bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan, masih ada faktor hoki dan oran...